Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Promosi Cerita yang Efektif

Pernah tidak? Berada di posisi setelah menulis cerita, baik di platform online maupun dicetak menjadi fisik, tetapi tidak ada yang baca, tidak ada yang beli. Pernah? Kalau pernah, berarti ada yang salah saat mempromosikan cerita. Atau mungkin saja, kamu tidak mempromosikan ceritamu? Itu adalah hal yang salah ya. Bagaimana orang mau melirik dan membaca cerita, sedangkan kamu malas untuk promosi.
Promosi Buku
Promosi merupakan hal penting dalam membangun pengembangan cerita, agar cerita lebih dikenal banyak orang tentunya. Berbicara tentang promosi, bagaimanakah Tips Promosi Cerita yang Efektif? Mungkin belum banyak yang tahu, kalau promosi apalagi mempromosikan bukan hanya soal perkara menyebar banner buku pada orang banyak. 

Lucunya, sambil berkata “Beli, ya.” Atau “Baca, ya.” Tanpa ada sepatah penjelasan pun. Kamu melakukan hal ini dalam promosi? Tidak heran sih, kalau ceritamu tidak ada yang lirik.

Tips Promosi Cerita yang Efektif

Nah, di sini, akan dibagikan tips sederhana promosi cerita. Setelah membaca ini, coba terapkan dan lihat bagaimana hasilnya.

1). Tunjukan Kelebihan Apa yang Ceritamu Punya Tanpa Merendahkan Cerita Penulis Lain

Ada penulis yang mempromosikan ceritanya pada orang banyak seperti ini.

“Ayo, dibeli ini buku saya. Pokoknya, saya jamin, bukunya bagus. Ceritanya juga keren, tidak seperti cerita sebelah.”

Ini salah. Kenapa salah? Ya, kembali lagi, tujuan promosi, agar buku dikenal orang banyak. Bukan sebagai ajang membanding-bandingkan. Terkesan sangat egois. Orang yang tadinya ingin beli, langsung tidak jadi sebab jatuh simpati. Promosi yang salah menjadi penyebabnya. 

Ada juga yang seperti ini.

“Ayo dong, dibaca cerita saya. Saya juga tidak tahu, ini cerita akan bagus kalau kalian baca. Semoga suka, ya.”

Nah, contoh di atas juga salah. Terlalu lembut dan tidak mampu meyakinkan calon pembaca. Malah menunjuk-nunjukan kekurangan isi cerita. Bagaimana calon pembaca bisa yakin, kalau dalam mempromosikan masih ada kalimat keraguan di dalamnya. Sangat tidak efektif bukan.

Promosi yang baik adalah promosi yang lebih menonjolkan kelebihan dari cerita. Apa kiranya manfaat yang pembaca dapat setelah membaca cerita kamu. Paparkan semua itu. Mulai dari pesan amanat cerita, sampai hal-hal yang bermanfaat lainnya. 

Eksplor juga keunikan yang ceritamu punya. Manfaatkan penuturan yang jelas untuk meyakinkan banyak orang kalau kamu berkata benar atau rancang kalimat efektif untuk meyakinkan banyak orang jika menggunakan media online sebagai sarana promosi.

2). Pancing Rasa Penasaran Banyak Orang

Rasa penasaran yang membuat seseorang ingin mencari tahu lebih dalam lagi. Tidak menutup kemungkinan juga seseorang akan membeli atau membaca ceritamu karena rasa penasaran. Lalu, bagaimana cara memancing rasa penasaran seseorang untuk membeli atau membaca ceritamu? Jawabannya gunakanlah blurb cerita.

Contoh blurb seperti di bawah ini. Cerita berjudul Bandung Bikin Mulas karya Arman.

"Apa?! Pekerjaan untukku itu jadi begal?!"

***

Mencari pekerjaan di Kota Bandung adalah hal yang tidak bisa dibilang mudah. Apalagi, untuk seorang Andyu Saurayu yang notabenenya tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Membuatnya harus memutar otak lebih kencang lagi. 

Bagaimana nasib Andyu ke depannya? Bisakah dia mendapat pekerjaan atau malah membawa petaka untuknya?

Kiranya seperti itu blurb. Apakah ada rasa penasaran tumbuh di benak? Kebetulan, itu buku milik saya sendiri, buku yang isinya saya tulis sendiri. Ingin memilikinya? Silakan berkomentar, nanti saya sebut berapa harganya. Hehehe.

3). Terakhir Adalah Berucap yang Sopan dan Sabar Dalam Meladeni Calon Pembeli

Ya, ini tidak bisa dipungkiri lagi. Orang di belahan bumi mana yang akan merasa nyaman ketika tidak dilayani dengan baik saat akan membeli sesuatu barang maupun jasa? Semua orang ingin diperlakukan dengan sopan dan lemah lembut. Pembeli Adalah Raja. Kiranya itu adalah sebuah kebenaran. 

Nah, itulah tadi beberapa Tips Promosi Cerita yang Efektif. Memang ada banyak metode dalam mempromosikan sesuatu. Tergantung setiap manusianya mau pakai yang mana.

Sudahkah kamu membagikan sesuatu yang bermanfaat hari ini? Kalau belum, silakan bagikan tulisan ini kepada orang yang mungkin membutuhkannya. 

Posting Komentar untuk "Tips Promosi Cerita yang Efektif"